Nasionalisme tidak sekedar bicara ideologi, politik dan budaya, tapi juga terkait dengan agama. Mencintai negara (bahasa arab: hubbu-l-wathan) adalah bagian dari nasionalisme.

Melalui semangat yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asyari, para ulama-ulama muda harus membulatkan tekad untuk menjaga keutuhan NKRI sebagai bagian dari dakwah. Hubbul Wathan Minal Iman harus menjadi landasan yang kuat untuk menanamkan jiwa patriotisme sekaligus harus menjadi bagian dari Islam sebagai Rahmathan Lilalamin.

Para ulama-ulama muda bertekad akan membela keutuhan bangsa dan negara Indonesia dengan menjaga keragaman budaya, adat istiadat serta agama. Hal ini merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan setiap warga negara Indonesia.

Kaum Ulama dan Umaro dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan, seperti dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Oleh karena itu, melalui wadah Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) diharapkan soko guru pergerakan para santri untuk mempertahankan NKRI dan berkomitmen memenangkan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019.