Baginda Nabi Muhammad SAW Ajarkan Perilaku Hidup Sehat

Total Views : 433
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Pandangan salah seorang pengasuh di Pesantren Darul Ulum (PPDU) Peterongan Jombang tersebut disampaikan pada acara talk show. Acara hasil kerja sama Kementerian Kesehatan dan Lembaga Kesehatan PBNU tersebut berlangsung di aula PPBU

Rasulullah adalah uswatun hasanah bagi segala aspek kehidupan. Bahkan teladan itu tampak dalam perilaku hidup sehat Nabi dalam kesehariannya.

"Nabi Muhammad benar-benar sebagai uswah hasanah atau contoh terbaik termasuk dalam kesehatan," kata KH Zulfikar As'ad, Jumat (18/11). Hal tersebut dibuktikan dengan terjaganya kesehatan beliau yang tidak pernah sakit, kecuali hanya dua kali, lanjutnya.

Menurut Gus Ufik, sapaan akrabnya, contoh lain dari Rasulullah adalah tidak pernah meminum obat sintetik. Inilah menjadi penanda bahwa Islam sangat menghargai perilaku sehat, seperti tercermin pula dalam sejumlah ajarannya.

"Islam mengajarkan wudhu yang ternyata mampu memberikan manfaat kepada manusia," katanya sembari mengutip  penelitian Musthofa Syahatah. Selain itu ada perintah siwak, kesunnahan fitrah berupa khitan, dan anjuran puasa.

Uswah hasanah tersebut hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan perilaku baik di lingkungan, khususnya pesantren. 
"Indikator pola hidup sehat bisa dengan makan buah dan sayur," kata doktor kedokteran dari Unair ini.

Hal lain yang harus dilakukan adalah memperhatikan aktifitas fisik. "Karenanya banyak bergerak dengan olahraga sangat penting," tandas Wakil Ketua Lembaga Kesehatan PBNU ini.

"Dan yang juga tidak kalah penting adalah melakukan deteksi dini terhadap kondisi kesehatan," pungkasnya.

Pandangan salah seorang pengasuh di Pesantren Darul Ulum (PPDU) Peterongan Jombang tersebut disampaikan pada acara talk show. Acara hasil kerja sama Kementerian Kesehatan dan Lembaga Kesehatan PBNU tersebut berlangsung di aula PPBU. Peserta adalah para santri dari berbagai pesantren di Jombang. 

Kegiatan dikemas lewat paparan sejumlah narasumber dengan tema "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Gerakan Pesantren Sehat". Acara berlangsung hari ini hingga besok, Sabtu (19/11). (Ibnu Nawawi/Mahbib)
http://www.nu.or.id/post/read/73030/baginda-nabi-ajarkan-perilaku-hidup-sehat

Index

Video Terbaru