Jokowi Mau Resmikan 10 Umat Mart

Total Views : 815
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Ide ini telah disambut baik oleh Jokowi dengan memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) Hipmi dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan 10 ritel modern Umat Mart (Ummart) yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di berbagai pesantren di Indonesia. Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bahlil Lahadalia, menjelaskan 10 pesanten yang dipilih kali ini sudah memenuhi kriteria seperti dan dipilih menjadi lokasi pilot projek yang bakal diresmikan pada 12 April mendatang. 

"Kita fokusnya (pengadaan Ummart) di Jawa Timur dulu. Kita sudah mendata dj Jatim itu ada sekitar 13.500 pondok pesantren dan nggak semua masuk kriteria, baru yang 10 ini saja," kata dia kepada detikFinance, Senin (16/4/2018).

Bahlil merinci ada 10 pondok pesantren yang masuk kriteria yaitu Pondok Pesantren Salafiya Pasuruan, Pondok Pesantren Mabdiyul Ihsan, Pondok Pesantren Zaiunl Hasan Geng gong, Pondok Pesantren Hati Rangkang Kraksaan, Pondok Pesantren Al Falah Poso Kediri, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Brasan Muncar Banyuwangi, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi, Manbaul Maarif Denanyar Jombang, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Malang dan Pondok Pesanten Byat al Hikmah Pasuruan. "Iya rencananya akan diresmikan bapak (Jokowi)," ujar Bahlil.

Sebagai informasi sebelumnya ide ini telah disambut baik oleh Jokowi dengan memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) Hipmi dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam pembangunan ritel modern di pesantren. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kerjasama dua asosiasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan ekonomi umat. Untuk tahap awal akan ada 10 toko ritel yang diresmikan langsung oleh Jokowi pada Mei 2018. 

"Kami pun segera melakukan pembicaraan antara Hipmi dengan Aprindo yang akan merealisasikan dan Insya Allah akan dilakukan peresmian pertama pada bulan Mei. Kita sedang tunggu jadwal Presiden untuk bisa meresmikan 10 toko ritel di pesantren," jelas Enggar di Kementerian Perdagangan, Senin (9/4/2018).

https://finance.detik.com/industri/d-3976226/jokowi-mau-resmikan-10-umat-mart-ini-lokasinya

Index

Video Terbaru