Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Rekontruksi 5.293 Runah Korban Gempa Lombok

Dok. Humas Pemprov NTB
Total Views : 250
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Laporan dari Lombok

Presiden Jokowi, Senin (3/9), menyerahkan langsung bantuan untuk rekonstruksi 5.293 rumah warga Lombok yang jadi korban gempa.

Ini merupakan bantuan tahap pertama yang diberikan Presiden Jokowi, dalam rangka proses rehabilitasi dan rekonstruksi kembali NTB.

"Semuanya memang perlu dilihat di lapangan, diverifikasi. Untuk dipastikan bahwa memang bantuan itu harus diberikan memerlukan waktu. Oleh sebab itu kemarin baru 5.293 (rumah)," ujar Presiden Jokowi, saat memimpin Apel Siaga NTB Bangun Kembali di Lapangan Bola Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepada 2.250 relawan dari berbagai unsur yang hadir dalam apel ini, Presiden Jokowi berpesan agar membantu masyarakat dalam membangun kembali rumahnya.

Dalam arahannya, Jokowi meminta agar rumah yang dibangun nantinya merupakan bangunan yang tahan gempa.

"Kita tahu di NTB ini adalah masuk dalam 'ring of fire', masuk dalam lingkaran cincin api. Karena itu, rumah yang dibangun nanti harus tahan gempa," ucap Jokowi.

Presiden melanjutkan. dalam pembangunan kembali rumah warga, akan didampingi dan dikawal oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dibantu oleh insinyur-insinyur muda dan mahasiswa-mahasiswa teknik.

"Saya akan pantau terus, akan saya cek terus, agar NTB segera normal kembali, pulih kembali. Aktitifas ekonomi dan aktifitas kehidupan sehari-hari bisa berjalan kembali dengan baik," tegas Jokowi.

Index

Video Terbaru