Indeks Pemberantasan Korupsi Indonesia Tertinggi di Dunia

tribunnews.com
Total Views : 199
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pertumbuhan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia terus membaik dari tahun ke tahun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pertumbuhan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia terus membaik dari tahun ke tahun.

Melansir keterangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rajardjo yang  menyatakan pertumbuhan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di Indonesia paling tinggi dibandingkan negara-negara lain di dunia.

IPK Indonesia pada 1998  sebesar 20, jauh di bawah negara Asean lainnya seperti Filipina  sebesar 33, Thailand sebesar 30 dan Malaysia mencapai skor 53.

Namun seiring perkembangan, jelas Agus, IPK Indonesia mengalami pertumbuhan yang tinggi. Dan saat ini mencapai skor 37.

Karena itu, Presiden Jokowi menolak pernyataan calon presiden Prabowo Subianto bahwa korupsi di Indonesia sudah seperti kanker stadium 4.

"Pak ketua KPK bilang, loncatan kita yang tertinggi di dunia loh. Jangan sampai ada yang bilang korupsi kita stadium 4, tidak ada," tegas Jokowi, saat menyampaikan pidato sambutan pada Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12).

Jokowi memastikan, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memberantas korupsi. Misalnya, dengan penyediaan layanan berbasis elektronik seperti e-tilang, e-samsat hingga e-budgeting dan e-planning.

Selain itu, pemerintah juga menerbitkan sejumlah aturan untuk mencegah korupsi.

Misalnya, Peraturan Presiden No 54/2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi. Serta, PP No 63/2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan karena membantu pemberantasan tindak pidana korupsi.

Presiden Jokowi mengakui bahwa masih banyak yang harus diperbaiki untuk terus mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia.

"Namun, masyarakat juga tidak boleh tutup mata dengan kenaikan skor IPK Indonesia ini," tandasnya.

Index

Video Terbaru