10 Alasan Kenapa Harus Pilih Jokowi

kompas.com
Total Views : 119
Zoom In Zoom Out Read Later Print

Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan di Indonesia hingga di bawah 10 persen.

Ada beberapa alasan,  kenapa Jokowi layak untuk dipercaya memimpin kembali pemerintahan hingga 2023 nanti. Selain penampilan yang bersahaja serta akrab dengan wong cilik,  Jokowi juga berhasil menorehkan kinerja yang gemilang. Setidaknya ada 10 program kerja Jokowi yang terbilang sukses dan bisa menjadi alasan kenapa dia layak untuk dipilih pada Pilpres nanti. 

1.Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan di Indonesia hingga di bawah 10 persen.  Angka ini merupakan  terendah dalam sejarah Indonesia.

2. Dengan program Kartu Indonedia Pintar (KIP)  yang diusungnya, kini 18,7 juta siswa dapat menikmati akses pendidikan gratis. Selain itu, hampir 1 juta mahasiswa dari keluarga miskin mendapatkan beasiswa. Bukan hanya itu,  Jokowi juga akan menambah manfaat dari KIP sampai ke jenjang perguruan tinggi. Program baru ini dia beri nama KIP-Kuliah. Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini akan membantu biaya pendidika mulai dari anak usia dini hingga perguruan tinggi. 

3.Membangun desa melalui. Program Dana Desa.  Selama empat tahun menjabat presiden,  Jokowi sudah menyalurkan  dana sebesar Rp187 triliun untuk pembangunan jalan, jembatan, posyandu, PAUD, air bersih, sanitasi, irigasi serta peningkatan ekonomi desa. Melalui program dana desa ini,  kesejahteraan warga desa semakin meningkat. 

4.  Jokowi juga peduli terhadap pemberdayaan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan meluncurkan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan program pembiayaan Ulta Mikro (UMi). Tercatat sudah sekitar 4 juta lebih perempuan Indoensia pra-sejahtera telah mendapatkan modal dari program Mekaar. Sebanyak 1,2 juta perempuan Indonesia mendapatkan kredit murah UMi. Menurut Jokowi , program itu telah membuktikan bahwa perempuan adalah tiang keluarga yang tangguh.

5.Meningkatkan ketrampilan sumber daya pekerja melalui program vokasi. Program vokasi itu akan diperkuat dengan program baru Jokowi yaitu Kartu Pra-kerja. Kartu ini akan membantu para pencari kerja meningkatkan keterampilan mereka.

6. Sertifikasi tanah bagi warga.  Sejak diluncurkan 2017, sudah sekitar 12 juta lebih rakyat Indonesia yang diberikan sertifikat tanah.  Jokowi menargetkan pada 2019, sebanyak 9 juta sertifikat tanah akan diberikan kepada rakyat. Sertifikat tanah penting untuk memberikan kepastian hukum bagi pemiliknya.

7.Selain sertifikat tanah, Jokowi juga mengusung  program kehutanan sosial. Jokowi telah membagikan 2,6 juta hektar konsesi untuk masyarakat di sekitar hutan. Ini adalah konsesi tanah untuk rakyat. Konsesi tanah untuk rakyat kecil. 

8.Meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani-nelayan. Untuk petani Jokowi sudah membangun bendungan irigasi dan memberikan mesin-mesin pertanian.  Selain itu,  Jokowi juga akan memberdayakan koperasi pertanian untuk mendukung petani masuk  ke industri hilir. Untuk nelayan, Jokowi telah membangun bank mikro agar nelayan mudah mengakses modal. Sejauh ini, sudah ada Rp 132 miliar dana dari bank mikro yang disalurkan ke nelayan dengan bunga hanya 3 persen.

9. Jokowi juga terus berupaya meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia untuk menciptakan lebih banyak lagi unicorn dan start up dengan memberikan digital talent scholarship kepada 1.000 orang pada 2018. Jokowi menargetkan ada 20.000 anak muda  yang mendapatkan beasiswa ini pada 2020. Upaya bidang lainnya,  Jokowi, akan menunjang generasi muda lewat programcreative space, serta sponsorship untuk komunitas dan kegiatan-kegiatan anak muda.

10. Jokowi juga sangat peduli dengan lingkungan dan ini dibuktikan melalui tekadnya memajukan program energi hijau untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil atau minyak. Saat ini rasio elektrifikasi Indonesia telah mencapai lebih dari 98 persen. Pada tahun ini, ditargetkan  rasionya meningkat menjadi 99,9 persen. Selain itu, pemerintah Jokowi juga telah memproduksi biodiesel melebih target yaitu 6 juta kiloliter. Biodiesel tersebut digunakan untuk program B20 sebanyak 4 juta kiloliter dan sisanya diekspor. Dengan energi alternatif ini, Indonesia dapat mengurangi kebutuhan impor minyak  dan meningkatkan ketahanan energi yang terjangkau oleh masyarakat. 

Sepuluh poin ini menunjukkan kesuksesan Jokowi yang patut untuk dijadikan alasan memilihnya kembali pada Pilpres 2019 ini.


Index

Video Terbaru